Cek Suhu Processor Dengan Core Temp

 Bagi seorang user, memantau kinerja dari setiap komponen yg ada di dalam CPU merupakan suatu hal yg wajib, terutama untuk mengecek kesehatan dari komponen-komponen penting seperti procesor, processor merupakan komponen yg memproses seluruh perintah input yg kita lakukan pada saat beraktivitas dengan sebuah komputer, semakin banyak perintah yg kita berikan atau semakin banyak kegiatan yg kita lakukan pada sebuah komputer akan membuat processor bekerja lebih banyak, dan hal ini tentunya akan membuat suhu dari processor tersebut terus meningkat, jika saja sebuah processor telah mencapai suhu maksimalnya maka dipastikan processor akan mengalami overheat dan komputer pun akan me-restart sendiri.
Disini bagaimana cara kita melihat suhu dari sebuah processor, tentu tidak menggunakan termometer atau hal semacamnya, kita cukup menggunakan aplikasi Core Temp, aplikasi ini akan menampilkan suhu processor yg ada pada komputer kita dan beberapa informasi lain dari processor tersebut.
Berikut ini adalah screenshoot yg saya ambil saat menggunakan aplikasi ini.


-.Pada kotak "Processor #0: Temperatur Reading", lihat pada bagian yg saya beri tanda dan itulah angka dari suhu processor tersebut.
-.Pada kotak Information kalian bisa melihat informasi lengkap dari processor yg kalian gunakan, seperti model, platform, frequency, dll.

Download Core Temp.exe

Tips Mengatasi Processor overheat
1. lepas cpu fan dari motherboard dan bersihkan debu dan kotoran yg ada pada fan dan heatsing, karna kotoran yg ada akan menghambat udara yg diberikan dari fan tersebut.
2. Cek pasta/thermal paste processor tersebut, jika sudah kering sebaiknya olesi lagi karna fungsi dari pasta ini adalah menyerap panas yg dihasilkan dari sebuah processor.
3. Cek juga RPM dari CPU fan, jika sudah melemah sebaiknya diganti yg baru.
4. Jika kalian seorang gamer atau pengguna komputer berat sebaiknya jangan gunakan CPU fan yg abal-abal, pilih yg berkualitas seperti corsair hydro series, cooler master hyper, dan sejenisnya. atau bila perlu kalian bisa menerapkan tehnik water cooling untuk system pendingin kalian.
Title: Cek Suhu Processor Dengan Core Temp
Posted by:Unknown
Published :2015-06-06T16:43:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Cek Suhu Processor Dengan Core Temp

Title: Cek Suhu Processor Dengan Core Temp
Posted by:Unknown
Published :2015-06-06T16:43:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Cek Suhu Processor Dengan Core Temp
: