Tips Merawat Printer Agar Tidak Cepat Rusak

Printer adalah sebuah hardware yg cukup penting dalam komponen komputer kita, fungsi dari hardware ini bersifat output, yaitu mengeluarkan data kedalam bentuk tulisan, gambar, dll di sebuah kertas, tentu bagi pengguna yg bersifat perkantoran, pelajar, mahasiswa, pasti membutuhkan hardware ini.


Printer sendiri menurut saya harus memiliki perawatan yg cukup, karna alat ini rawan terhadap kerusakan-kerusakan yg di akibatkan oleh pengguna itu sendiri yg tidak merawat atau menggunakan printernya dengan benar.
Untuk itu saya akan berbagi sedikit tips untuk merawat sebuah printer.

1.Gunakanlah printer secara berkala, jangan terlalu lama membiarkan printer tidak digunakan, karna dapat berakibat tinta di dalam cartride mengering, tentunya pengeluaran tinta akan tergangu saat mencetak data.

2.Hindari kehabisan tinta didalam cartride, cek secara berkala, atau jika hasil cetak sudah mulai terlihat kabur cepatlah untuk mengisi ulang tinta pada cartride tersebut.

3.Jangan biarkan printer terselimuti oleh debu, apa lagi jika kita sudah mencetak sebuah data, sebaiknya sisa kertas pada printer kita ambil saja kemudian tutuplah bagian tempat kertas tersebut dengan penutupnya, untuk mengurangi masuknya debu atau kotoran lain kebagian dalam printer.

4.Saat mencetak data gunakanlah kertas yg masih rapi, untuk mengurangi resiko kertas tersangkut didalam printer.

5.Saat mengisi ulang tinta pada, sebaiknya perlakukan cartride secara hati-hati jangan menyentuh bagian pengeluaran tinta pada cartride, peganglah badan cartride tersebut, dan jika saat mengisi tinta terjadi peluberan tinta/ kebanyakan menyuntiknya gunakanlah tisu untuk membersihkan cartride tersebut.
Kemudian pada lobang suntikan harus ditutup rapat dengan perekat atau yg lainya agar tinta pada cartride tersebut tidak cepat mengering.

6.Gunakanlah tinta yg berkualitas baik, dan jika tinta habis isilah kembali dengan tinta yg ber-merk sama dengan sebelumnya ( jangan menggonta-ganti tintta printer
dengan mek yg berbeda).

7.Jika hasil print tidak jelas/bergaris-garis, tetapi tinta pada cartridenya masih banyak, gunakanlah fitur clean head pada aplikasi dari printer tersebut yg bertujuan untuk memperlancar pengeluaran tinta yg mungkin tersumbat.

8.Saat memindah-mindahkan printer angkat/peganglah printer tersebut dengan benar, angkat printer tersebut dengan posisi yg sama saat ia diletakan.

Itulah sedikit tips yg bisa saya berikan, dan menurut saya kerusakan pada printer bisa berakibat fatal terutama pada bagian cartride-nya jika cartride pada printer tersebut sudah rusak mungkin tak ada jalan lain selain kita mengganti dengan cartride yg baru, dan yg kita ketahui harga cartride yg asli bisa mencapai setengah harga

dari harga baru printer yg kita beli. Jadi rawatlah printer kalian dengan baik, karna mencegah kerusakan itu akan lebih baik juga manfaatnya.
Title: Tips Merawat Printer Agar Tidak Cepat Rusak
Posted by:Unknown
Published :2013-03-30T03:17:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Tips Merawat Printer Agar Tidak Cepat Rusak

Title: Tips Merawat Printer Agar Tidak Cepat Rusak
Posted by:Unknown
Published :2013-03-30T03:17:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Tips Merawat Printer Agar Tidak Cepat Rusak
:

2 comments:

Battery Diagnosis said...

makasih buat info dan tipsnya sangat membantu sekali
salam sukses

Unknown said...

thanx juga sob atas kunjungannya..salam sukses kembali.