Cara Untuk Mempercepat Booting Komputer

sorry ya guys,,untuk beberapa hari yg lewat blog Talk About Computer ini gak update postingan, maklum aja ni guys adminnya kemarin2 lagi dihadapkan oleh ujian nasional, jadi ya terpaksa blog ini ditinggalkan, tapi tenang..mulai hari ini saya akan update postingan lagi untuk blog kecil ini. Dan untuk postingan kali ini saya akan share panduan cara untuk mempercepat booting komputer, Sedikit ulasan booting adalah sebuah proses disaat komputer baru dihidupkan, disini windows akan akan mempersiapkan dirinya untuk tampil di layar komputer hingga siap untuk kita operasikan, maka dari itu proses ini harus berjalan secepat mungkin, karna jika proses booting ini berjalan lama kita sebagai user akan merasa kesal jika harus menunggu dalam waktu yg tidak wajar hanya untuk menunggu sikomputer siap untuk kita gunakan. Nah..bagi kalian yg ingin mempercepat booting laptop/komputernya, saya akan memberikan cara untuk mempercepatnya, disini saya akan membagikan 3 cara untuk mempercepat booting komputer tersebut, bagi yg ingin mencobanya silahkan kalian ikuti panduan berikut ini.

Cara 1
1.Buka menu run, ada di menu start atau tekan tombol window + R pada keyboard.
2.Ketikan "gpedit.msc", lalu enter.


3.Akan terbuka sebuah jendela baru, pada bagian kiri buka menu computer configuration-->administrative templates-->system-->troubleshooting and diagnostic-->window boot performance diagnostic.

4.Kemudian double klik, configure scenario execution level.
5.Akan muncul jendela baru, pilih enable, kemudian pada bagian scenario excution level pilih detection troubleshooting and resolution.

6.terakhir klik ok.

Cara 2.
Cara kedua ini memiliki syarat, yaitu hanya bisa diterapkan pada komputer yg memiliki processor lebih dari 1, misalnya : dual core, core 2 duo, i3, i5, i7. Karna trik ini diterapkan dengan cara merubah jumlah core saat booting jika normalnya 1 makan kita akan merubahnya pada angka maksimal.

1.Buka menu run
2.Ketikan "msconfig", lalu enter.

3.kemudian akan muncul jendela baru, masuk ke tab boot, lalu klik pada bagian advanced options.

2.Akan muncul lagi sebuah jendela baru, beri tanda centang pada bagian number of processor, kemudian pilih angka tertinggi.

3.kemudian klik ok.

Cara 3.
Hapus folder "prefecth"
Apa itu folder "prefecth" ??. Saat kita sedang menjalankan sebuah program, windows akan mengingatnya, dan menyimpannya dalam sebuah file kemudian tersimpan lagi di folder prefecth ini, efek positif-nya adalah ketika kita ingin membuka program itu lagi, maka windows akan dengan cepat me-loadnya, tetapi efek negatif-nya yaitu berpengaruh pada saat booting, karna saat booting berlangsung windows akan mengecek file-file pada folder prefecth tersebut, jadi booting akan berlangsung cukup lama.
langkah-langkah menghapus folder prefecth.

1.Buka drive C.
2.kemudian buka folder windows-->prefecth.
3.Blok semua file yg ada di folder prefecth tersebut, kemudian hapus secara permanen (shift + del).
Title: Cara Untuk Mempercepat Booting Komputer
Posted by:Unknown
Published :2013-04-19T03:58:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Cara Untuk Mempercepat Booting Komputer

Title: Cara Untuk Mempercepat Booting Komputer
Posted by:Unknown
Published :2013-04-19T03:58:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Cara Untuk Mempercepat Booting Komputer
:

5 comments:

The ZANK said...

mantap blognya gan
kunjungan dini hari
hihihihihi

Unknown said...

okesip:-D..thanks ya bro atas kunjungannya..

Angga Praditya said...

gan, tips ini untuk windows 8 ya ?

Unknown said...

ini untuk windows 7, kalo untuk win 8 blum dicoba. tapi saran saya gx usah deh, soalnya sistem win 7 dan win 8 kan berbeda, ntar takutnya malah error lgi sistemnya.

icalcelebes said...

gimana cara blok file folder windows-->prefecth.