Tips Aman Ketika Bermain Komputer

Berada di depan komputer itu memang menyenangkan, apalagi kita yg hoby dengan yg namanya nge-geme. Ketka kita sedang asyik bermain game atau mengerjakan sesuatu di depan komputer
kita akan melupakan waktu yg telah kita lewati, terkadang 2/3 jam berada di depan komputer itu tidak akan terasa lama. Dalam ilmu kedokteran, berada terlalu lama di depan komputer itu tidak lah baik, akan banyak pengaruh-pengaruh negative yg kita terima.
contohnya bagian tubuh yg langsung menerima pengaruh buruk itu adalah MATA, karna radiasi dari layar komputer akan mempengaruhi kesehatan mata kita. Dan juga posisi duduk yg tidak nyaman akan berpengaruh pada tulang.
Tapi tenang disini saya akan memberikan beberapa tips cara aman ketika kita berada didepan komputer.

1.Jarak Mata ke Layar Komputer
Seperti yg saya katakan mata kita adalah organ tubuh yg paling bnyak menerima pengaruh negative dari layar komputer. Untuk mengantisipasinya kita bisa mengatur jarak dari layar monitor ke mata kita, setidaknya yaitu sekitar 50-100CM. dalam jarak ini saya rasa mata akan cukup aman ketika menerima radiasi dari layar komputer.

2.Beralih Dari Monitor CRT ke LCD
Monitor CRT adalah monitor tabung, yaitu generasi sebelum monitor LCD. Dibandingkan monitor LCD, monitor CRT mengeluarkan radiasi yg cukup tinggi sehingga pengaruh buruk yg kita terima juga jelas lebih tinggi. untuk itu saya menyarankan bagi pengguna monitor CRT segeralah beralih pada LCD, walau pun harganya sedikit lebih mahal, tapi pengaruh baiknya akan kita rasakan di waktu yg akan datang.

3.Gunakan Filter Radiasi Untuk Monitor CRT
nah untuk tips ini adalah solusi lain bagi pengguna CRT untuk beralih ke LCD, yaitu menggunakan filter radiasi yg di pasang di depan layar CRT, gunanya tentu untuk mengurangi tingkat radiasi yg dikeluarkan dari layar CRT. Untuk masalah harga ini cukup terjangkau, dan terdapat juga beberapa jenis ukuran.

4.Mengatur Brightness-contras
atur lah brightness-contras senyaman mungkin untuk dipandang. Jangan mengaturnya terlalu tinggi, karna kesilauannya dapat melelahkan mata, dan tentunya dalam jangka waktu
yg lama akan merusak kesahatan mata kita.

5.Istirahat Mata
Semakin lama kita menatap layar komputer, maka mata kita akan terasa semakin lelah, itu dikarenakan mata kita terlalu lama terpusat ke layar komputer. Untuk itu istirahatkanlah mata anda setiap 1-2 jam sekali. Dengan cara melihat keluar jendela, berjalan-jalan sebentar, minum, atau hanya memejamkan mata dan menjauh dari layar monitor,

6.Menggunakan Kacamata Anti Radiasi
ini sifatnya sama dengan filter radiasi pada tips nomor 3. hanya saja bentuk dan penempatannya berbeda, bentuknya ya seperti kacamata dan penggunaannya kita pakai seperti kacamata biasa. keuntungan dari alat ini, kita tidak hanya bisa memakainya ketika berada di depan komputer, tapi bisa juga ketika kita menonton tv, dan saat berkendara karna biasanya ketika berkendara malam secara tidak tersengaja kita melihat silaunya lampu dari mobil dan motor.

7.Mengatur Posisi Duduk
Berlama-lamaan berada di depan komputer tidak hanya merusak mata, tapi dengan posisi duduk yg salah dapat mengganggu struktur tulang. Disini saya akan memberikan sedikit tips untuk posisi duduk yg benar. pilihlah kursi yg nyaman untuk di gunakan, sandaran kursi yg tinggi membuat kita nyaman ketika bersandar sambil bermain komputer, karna sebagian kursi yg pernah saya lihat sandarannya hanya sebatas punggung itu akan membuat tulang belakang kita terasa sakit ketika bersandar. Usahakan untuk memilih kursi yg berlapis busa, karna dudukan dan sandarannya akan terasa nyaman saat digunakan. Dan telapak kaki sebaiknya tidak langsung menempel pada marmer/keramik gunakanlah sendal atau beri pijakan untuk telapak kaki kita. Dan tentunya ketika sudah terlalu lama berada di depan komputer sebaiknya kita berdiri sejenak atau berjalan-jalan untuk merenggangkan otot dan sendi-sendi pada tulang kita.

Semua tips di atas tujuannya hanya untuk mengurangi pengaruh negatife saat kita bermain komputer. Dan cara yg terbaik adalah bagilah waktu antara bermain komputer dan melakukan aktivitas lain. Usahakan jangan terlalu lama ketika bermain komputer karna pangaruh buruknya tidaklah kita rasakan secara langsung melainkan di waktu yg akan datang.
Sekian dulu beberapa tips dari saya semoga dapat diterapkan dan dapat bermanfaat.
Title: Tips Aman Ketika Bermain Komputer
Posted by:Unknown
Published :2014-06-03T00:15:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Tips Aman Ketika Bermain Komputer

Title: Tips Aman Ketika Bermain Komputer
Posted by:Unknown
Published :2014-06-03T00:15:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Tips Aman Ketika Bermain Komputer
:

1 comments:

Abdul Muhajir said...

Kunjungi juga blog saya http://kroconet.blogspot.com