Cara Menyesuaikan RAM Pada Perangkat Komputer Anda

Saat ini, baik perkembangan Teknologi Hardware dan Software sangatlah pesat. Komputer yang tidak memiliki cukup RAM seringkali bermasalah ketika menjalankan OS dan Software maupun Game yang semakin banyak akan kebutuhan RAM. Kekurangan RAM juga akan memperlambat kinerja komputer karena OS akan mengkompensasi kekurangan tersebut dengan menuliskan "Paging File" atau "Swap file" ke hardisk drive.

Jika kalian memutuskan untuk mengupgrade RAM, ada baiknya melakukan dan memperhatikan hal hal sebagai berikut :

Pastikan compatibility komputer agan

Temukan compatiblity komputer melalui situs corsair, crucial  (klik dulu pada "Memory Advisor"), atau kingstone
Cari RAM yang compatible dengan memilih jenis komputer, vendor, kemudian tipe komputer lalu klik "Go" atau "Search"
Hasil dari pencarian tersebut akan menunjukkan antara lain :

1. Maksimal memory 
Pakailah RAM sesuai dengan maksimal memory, jika kalian menggunakan memory yang lebih dari yang disupport oleh komputer kalian, maka kelebihan kapasitas memory akan tidak berguna. Misalkan, Laptop kamu support max memory 4GB dan kamu menggunakan RAM total 8GB maka yang 4 GB akan tidak berguna. meskipun sistem akan mendeteksi kapasitas RAM sebesar 8 GB, namun kenyataannya chipset dari Laptop agan hanya mensupport sampai dengan 4GB. Meskipun begitu, hal ini tidak akan menimbulkan masalah.
Hal ini perlu diperhatikan karena beda kapasitas berbeda harga. Harga berbanding lurus dengan kapasitas.

2. Jenis RAM

DDR2 atau DDR3 (yang kebanyakan digunakan sekarang)

DIMM (biasanya untuk PC) atau SODIMM (biasanya untuk Netbook atau Notebook), Pastikan jenis RAM yang akan kamu beli sama dalam hal ini. Jika beda, gak akan bisa masuk dengan sempurna di slot RAM nya.
3. Maksimal Clockspeed

Dinyatkan dalam MHz kalau DDR 3 ada yang 667, 800, 1333, 1600
Lebih tinggi clockpeed ram akan lebih baik, karena terkadang clockspeed RAM sebenarnya lebih kecil dari yang tertera di label RAM dan secara otomatis/manual (jika ada konfigurasi manual pada setting BIOS) akan downclock menyesuaikan maksimal clockspeed yang disupport oleh komputer. Clockspeed RAM lebuh tinggi dari max clockpseed yang disupport oleh komputer tidak masalah
Usahakan tidak mencampur beberapa RAM yang clockspeednya berbeda pada. Hal ini terkadang menjadikan system tidak stabil.

4. Voltage

Untuk DDR3 pengkodeannya sebagai berikut: "PC3" = 1.5 volt, "PC3L" (Low voltage) = 1.35 volt, dan "PC3U" (ultra low voltege = 1.28 volt. Terkadang huruf penanda ada setelah Frekuensi misal "PC3-12800 1600L" atau terkadang juga di belakang PC. misalkan "PC3-12800LS" Beda voltage akan mengakibatkan sistem tidak dapat berjalan sama sekali. Namun ada juga produsen yang membuat sodimm yang dapat digunakan di ketiga besaran volt di atas.


Begitulah cara singkat bagaimana menyesuaikan RAM pada perangkat anda, terima kasih.
Title: Cara Menyesuaikan RAM Pada Perangkat Komputer Anda
Posted by:Unknown
Published :2014-06-11T15:30:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Cara Menyesuaikan RAM Pada Perangkat Komputer Anda

Title: Cara Menyesuaikan RAM Pada Perangkat Komputer Anda
Posted by:Unknown
Published :2014-06-11T15:30:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Cara Menyesuaikan RAM Pada Perangkat Komputer Anda
:

0 comments: